Feedback, Guidance, dan Assistance





Feedback



Feedback adalah sebuah respon atau reaksi dari design yg kita buat, entah itu berupa suara maupun visual, tantangan yang selalu di hadapi dalam menyusun sebuah feedback adalah response time dari feedback yang kita buat, seringkali kepuasan dari seorang user itu adalah waktu menunggu user yang sangat minim, semakin cepat respon/feedback dari sebuah desain, semakin memuaskan user. berikut adalah hal hal yg perlu diperhatikan saat menyusun feedback sebuah desain, Yaitu :

1. Response Time


Delay time adalah sebuah rintangan dalam mendesain, entah itu berbentuk download time, maupun response media secara lokal. kekhawatiran kita dalam menangani masalah ini sangat menakutkan tentunya, kita bisa menangani hal ini dengan cara menampilkan pesan delaytime yang di hadapi oleh user, seperti menampilkan download time ataupun persentase loading time. hal ini berfungsi untuk memberikan sebuah janji kepada user bahwa proses dari sistem yang kita buat sedang menjalani sebuah progress, sehingga menimbulkan rasa sabar untuk menunggu.

2. Seeking Attention (Mencari Perhatian)



Desain yang kita buat harus dapat menarik perhatian, terutama bila ada pesan pesan yang penting untuk diketahui oleh user. menurut saya, cara yang paling efektif dan digunakan oleh berbagai macam industri, adalah penggunaan warna yang berkedip pada pop up pesan atau messege box lainnya. bisa juga menggunakan sebuah suara yang cukup menarik perhatian user. namun jangan lupa untuk membiarkan user untuk mengatur suara dari fitur tersebut.


Guidance & Assistance



Guidance adalah salah satu bagian yang penting saat membuat sebuah desain, Guidance adalah bagian yang digunakan oleh user untuk menggunakan desain yang kita buat, entah itu untuk membuat sesuatu, ataupun memperbaiki sesuatu. setiap orang melakukan kesalahan, penting untuk desain yang kita buat, agar dapat memberi tahu kesalahan yang user buat, dan penting bagi desain yang kita buat untuk memberitahu user, bagaimana cara memperbaiki kesalahan tersebut.

Contoh dari Guidance & Assistance:

1. Instruction or Prompting

2. Help Facility :

3. Contextual Help

4. Hints or Tips

Comments

Popular posts from this blog

Interaksi Manusia dan Komputer, apa yang saya pelajari dari pertemuan 1 sampai 7

Video Games